Back

Tips Membangun Bisnis Digital Printing Untuk Pemula

Tips Membangun Bisnis Digital Printing Untuk Pemula – Salah satu cara untuk memulai membuka usaha percetakan kita harus belajar terlebih dahulu mengenai dunia marketing sebelum kita membuka rumahan secara online.

Membangun Bisnis Untuk Pemula wajib untuk anda pelajari sebelum kita atau anda memulai bisnis printing digital.

Tips Membangun Bisnis Digital Printing Untuk Pemula

Tips Membangun Bisnis Digital Printing Untuk Pemula

Tips Membangun Bisnis Digital Printing Untuk Pemula

Sebenarnya ada banyak sekali pilihan untuk usaha yang bisa anda coba di zaman sekarang ini, dan salah satunya yaitu Bisnis Percetakan Sublimasi. Bisnis ini tergolong sangat menjanjikan sekali mengingat banyaknya permintaan dari konsumen terhadap produk-produk digital printing yang sangat tinggi.

Didukung dengan adanya sebuah perkembangan teknologi yang semakin canggih, usaha ini pun dinilai sangat prospektif. Menariknya lagi, para pelaku yang telah menggeluti bisnis print digital tidak terlalu banyak. Hal ini berarti peluang untuk sukses tentunya akan semakin besar.

Lantas apa sajakah yang bisa diproduksi oleh mesin digital printing? Beberapa diantaranya ialah kaos, kartu undangan, mug, spanduk, kartu nama, pamflet, brosur dan masih banyak lagi yang lainnya. Apabila anda berminat ingin memulai usaha yang berbasis digital printing dari nol, bisa menyimak ulasan mengenai beberapa tips berikut ini.

Tips Membangun Usaha Digital Printing Bagi Pemula

1. Tentukan Segmen Pasar

Sebelum anda memulai bisnis digital printing sublimasi, anda harus menentukan segmen pasar yang akan anda bidik secara spesifik. Ada beberapa opsi yang bisa anda pilih seperti retail, corporate atau juga pemesanan custom secara personal. Masing-masing tentunya mempunyai keunggulan dan kelemahan sendiri.

Klien corporate sangat menguntungkan dikarenakan biasanya orderannya dalam jumlah yang sangat besar. Akan tetapi, proses pembayarannya biasanya lebih lama, begitu juga dengan proses pemesanannya yang sangat rumit. Selain itu juga, anda dituntut untuk terus selalu memberikan kualitas yang terbaik.

Klien retail umumnya orderan dalam jumlah yang kecil, dan permintaannya sangat variatif. Akan tetapi keunggulannya terletak pada sistem pembayarannya yang lebih cepat alias kontan. Untuk klien personal biasanya akan memesan untuk keperluan sendiri atau pribadi. Keuntungannya adalah sifat order ini tentunya lebih santai, namun orderannya juga biasanya cuma satuan saja.

Dari segi target, tentunya anda wajib menentukan apakah anda akan menangani pasar “low price” atau justru sebaliknya. Hal tersebut ini tentunya akan berkaitan dengan kualitas dari produksi dan layanan yang tersedia serta waktu penyelesaiannya.

2. Persiapan Modal

Untuk memulai usaha digital printing, tentunya anda membutuhkan modal yang tak sedikit. Bagian terpenting yang harus anda persiapkan yaitu perangkat elektronik seperti komputer yang sudah dilengkapi dengan adanya sistem grafis serta printer digital yang tentunya kualitas memadai.

Harga komputer yang sesuai dengan spesifikasi yang diperlukan setidaknya harus mengeluarkan biaya sebesar 5 juta hingga 10 juta rupiah. Sementara itu untuk alat digital printing sendiri dibandrol dengan harga yang tentunya sangat tinggi sekitar belasan bahkan sampai puluhan juta rupiah. Pilihan perangkat yang dipakai bisa disesuaikan dengan target pasar anda.

3. Persiapkan Lokasi Usaha Digital Printing

Tips yang satu ini anda tentunya membutuhkan sebuah lokasi khusus untuk menjalankan bisnis digital printing tersebut. Mesin printer digital cukup lebar, sehingga ruangan yang dibutuhkannya pun cukup luas. Selain untuk mesin, anda juga harus menyediakan ruangan lainnya untuk melakukan tahap finishing.

Tidak perlu luas, setidaknya orderan bisa dikerjakan dengan sangat nyaman di kedua ruangan tersebut. Dan pastikan juga ruangan tersebut dilengkapi AC. Pasalnya, mesin printer digital harus dioperasikan dalam ruangan yang memiliki suhu 20-25 derajat celcius.

Mengenai lokasi usaha anda pun juga harus strategis serta mudah untuk dijangkau. Apalagi bila mengerjakan orderannya dalam jumlah yang sangat banyak, tentu saja anda membutuhkan sebuah akses transportasi yang lancar. Klien anda pun tentunya akan lebih mudah dalam menemukan bisnis anda jika berada di lokasi atau tempat yang strategis.

4. Persiapkan Dana Operasional

Dana operasional sendiri adalah dana yang nantinya akan digunakan sebagai kegiatan dalam melakukan bisnis digital printing. Ada beberapa jenis bahan baku yang harus dipersiapkan terlebih dulu sebelum memulai mencetak produk digital, mulai dari media yang akan dipakai, tinta hingga aksesoris.

Dana operasional tersebut akan mendukung pergerakan bisnis anda sebelum menghasilkan keuntungan bagi bisnis anda. Pastikan dana operasional tersebut tak terlalu mepet agar anda bisa tetap mempertahankan kualitas.

5. Pilih Karyawan

Apakah anda bisa menyelesaikan semua proses pengerjaannya sendirian? Opsi ini memang tidak mudah dan tentunya akan membutuhkan kerjas keras. Oleh sebab itu mempekerjakan beberapa karyawan itu akan membuat beban anda jauh lebih ringan.

Tetapi ini berarti anda tentu saja harus siap dengan tanggung jawab sebagai si pemberi kerja, yaitu memberikan uang gaji serta fasilitas lainnya. Oleh sebab itulah pertimbangkan dulu beban kerja dengan biaya yang akan dikeluarkan. Apabila beban kerja tersebut terbilang belum terlalu banyak, maka sebaiknya hindarilah untuk mempekerjakan terlalu banyak karyawan.

Perlu anda perhatikan juga karyawan yang anda pekerjakan juga harus mempunyai keahlian, baik itu dalam mengoperasikan perangkat komputer maupun juga mesin printing digital. Dengan kualitas ini tentunya anda akan jauh lebih hemat waktu serta kualitas produk yang tetap terjaga.

6. Susun Strategi Promosi

Selanjutnya anda harus menyusun sebuah strategi promosi yang efektif guna memasarkan jasa atau juga layanan bisnis digital printing tersebut. Di zaman sekarang ini ada banyak sekali metode-metode pemasaran yang bisa anda lakukan.

Manfaatkanlah sosial media atau juga iklan berbayar guna mempromosikan usaha anda kepada orang-orang yang tepat. Usaha yang dibangun tanpa menggunakan strategi promosi akan sangat sulit sekali untuk berkembang. Sediakan anggaran khusus buat mempromosikan usaha anda tersebut. Ada beberapa langkah-langkah yang bisa dilakukan anda yakni mulai dengan menyediakan diskon saat momen khusus, memberikan bonus dan lain sebagainya. Pastikan strategi tersebut tidak terlihat murahan, namun eksklusif sehingga akan dinantikan oleh penerimanya.

7. Jaringan Masukan dari Pelanggan

Sebagai seorang pebisnis pemula, tentunya ada banyak hal yang mungkin saja belum anda hadapi. Selain itu juga kualitas jasa yang anda sediakan mungkin juga belum sempurna. Adanya unsur ketidakpuasan tentunya akan membuat para pelanggan anda perlahan-lahan menarik diri.

Oleh sebab itu sangat penting sekali bagi anda untuk tak bosan-bosannya meminta kritik serta saran dari para pelanggan. Apabila ada hal yang mengecewakan misalnya seperti hasil printing digital yang buram atau produk yang tak sesuai dengan harapan atau juga pelayanan yang tak ramah, terimalah semuanya dengan terbuka.

Selanjutnya lakukanlah evaluasi secara menyeluruh. Carilah solusi yang terbaik untuk menyelesaikan masalah seperti yang sudah dijelaskan diatas sehingga tidak berlarut-larut. Bila perlu berikanlah sebuah layanan yang ekstra pada pelanggan yang merasa dirugikan.

8. Aktif Membaca Peluang Usaha Printing Digital

Ketika anda menggeluti usaha jasa, maka anda harus aktif dalam membaca peluang. Bersikap menunggu bola itu bisa jadi akan membuat usaha tidak berkembang dikarenakan kalah dari pemain lama yang sudah lebih dulu menguasai pasar. Oleh sebab itu carilah peluang serta lakukan pendekatan secara gencar. Ada banyak sekali peluang yang tidak tampak secara kasat mata. Dalam hal ini tentu saja anda perlu jeli serta pandai memanfaatkannya. Seringkali momentum itu sangat penting. Ambilah langkah yang terbaik saat momen yang tepat.

9. Lakukan Upgrade

Setelah beberapa langkah-langkah sebelumnya, anda perlu mempertimbangkan dalam melakukan upgrade. Peningkatan ini bisa saja dalam bentuk membeli sebuah perangkat terbaru yang jauh lebih canggih. Biasanya, perangkat baru tersebut akan menghasilkan produk yang lebih baik lagi.

Upgrade bisa juga dalam bentuk mengembangkan sebuah pelayanan yang disediakan. Apabila awalnya hanya menawarkan jasa percetakan undangan saja, kini anda bisa untuk menambahkannya dengan jasa pembuatan amplop, kartu nama, poster dan lain sebagainya.

Tips Membangun Bisnis Digital Printing Untuk Pemula

Dengan cara seperti ini, bisnis printing digital anda akan semakin berkembang. Tetapi pastikan juga rencana pengembangan tersebut tidak mengganggu atau juga menghambat pelayanan yang sudah lama tersedia. Bisnis digital printing itu sangat menjanjikan sebab kebutuhannya tidak pernah berkurang. Meski modalnya awalnya terbilang cukup besar, namun hasil yang didapatkan bisa menguntungkan apabila dikelola dengan tepat.

Jika bisnis printing digital anda sudah semakin besar nanti, pastikan anda tidak kewalahan dalam mengurus kegiatan operasionalnya. Agar memudahkan anda dalam mengatur penjualan, mencatat transaksi secara otomatis, sampai melihat performa usaha secara real-time, atau bisa juga memanfaatkan layanan terbaik dari Kami www.sublimprint.com jasa terdekat yang bisa anda jadikan referensi dalam bisnis di dunia printing digital.