Back

Panduan Bisnis Sablon Untuk Pemula

Panduan Bisnis Sablon Untuk Pemula – Pernahkah anda mempunyai keinginan untuk membuka usaha atau kaos sendiri? Meskipun memang banyak sekali jenis bisnis atau usaha lainnya, tak dapat dipungkiri bahwa bisnis jenis sablon sangat baik bagi anda yang sekiranya ingin memulai membuka usaha atau bisnis yang tidak banyak membutuhkan budget atau modal serta tenaga yang besar.

Bisnis cetak kaos merupakan bisnis yang bergerak di bidang percetakan desain gambar maupun tulisan pada kaos yang nantinya akan diperjualbelikan. Itu artinya bisnis tersebut mempunyai bahan utama yang berupa kaos, pastinya tinta juga salah satu media bahan yang wajib dipersiapkan. Tetapi sudahkah anda pernah berpikir untuk bagaimana cara memulai bisnis sablon kaos tersebut dengan tepat?

Bisnis Sablon Untuk

Ketika anda membangun bisnis dengan cara gegabah tanpa adanya strategi, maka bisnis tersebut akan sangat rentan sekali mengalami goncangan, kemudian bisnis tidak berkembang dengan baik. Tak hanya membutuhkan sebuah modal yang besar, tetapi bisnis sablon yang anda akan bangun harus mempunyai target pasar yang jelas serta strategi pemasaran yang tentunya harus menarik. Oleh karena itu, anda perlu belajar dari sumber-sumber yang akurat mengenai bagaimana cara memulai bisnis sablon kaos supaya berhasil survive.

Tak mudah untuk anda mengetahui informasi tentang bagaimana cara untuk memulai bisnis jenis sablon kaos tersebut, akan tetapi bukan berarti anda tidak bisa mencari panduan untuk berbisnis dari penjelasan dibawah ini. Kami akan memaparkan terkait apa saja strategi yang harus digunakan serta anda persiapkan dan berapa kira-kira modal yang harus anda siapkan dalam memulai usaha sablon kaos. Simak saja penjelasannya dibawah ini.

Panduan Bisnis Sablon Untuk Pemula

Panduan Bisnis Sablon Untuk Pemula

Strategi Usaha Sablon Kaos agar Sukses

Ternyata apapun jenis bisnis yang ingin anda buat, dan sesederhana apapun bisnis tersebut menurut anda, tetap saja harus ada strategi yang perlu anda siapkan guna mendukung proses memulai bisnis tersebut. Supaya anda tidak salah dalam menerapkan strategi untuk membantu bisnis anda, sebaiknya simak penjelasan tentang apa sajakah yang perlu anda persiapkan sebagai strategi dalam membantu bisnis sablon kaos yang anda bangun menuju kesuksesan.

Pastikan Ada Distributor yang Banyak sebagai Pemasaran

Ternyata supaya bisnis sablon yang anda buat sukses serta mendatangkan keuntungan yang banyak, yang paling penting yaitu mencari pembeli terlebih dahulu. Tentunya pembeli bisa datang apabila ada pemasaran yang tepat. Jadi sebaiknya anda harus memiliki distributor yang banyak untuk mendukung pemasaran produk kaos anda. Mulailah anda meluaskan pemasaran produk ke beberapa pasar di daerah anda. Bangun hubungan yang baik dengan mereka guna memastikan kaos yang anda jual bisa laku sehingga mereka akan kembali untuk memesan produk-produk kaos anda.

Pastikan Ada Kerjasama bersama Toko ataupun Butik yang Anda Buka Sendiri

Selain anda memasarkan produk ke distributor di pasar, tak ada salahnya anda juga mencoba strategi usaha lain dengan memasarkan produk anda ke toko maupun butik anda sendiri. Cara seperti ini bisa anda lakukan bila anda mempunyai tempat untuk membuka toko sendiri. Jual kaos yang anda hasilkan guna memberikan keuntungan yang lebih tinggi, daripada anda menjual produk sendiri ke distributor terlebih dulu.

Berapa Modal Untuk Membuka Bisnis Sablon Kaos Sendiri?

Setelah merumuskan mengenai strategi pemasaran, yang tak kalah pentingnya ialah anda harus menyiapkan sejumlah modal dalam memulai membuka bisnis. Lalu bagaimana dengan bisnis jenis sablon kaos ini? Dan berapa sih modal yang harus anda siapkan untuk memulainya?

Modal untuk memulai bisnis sablon kaos akan habis untuk membeli berbagai macam peralatan yang nantinya akan dibutuhkan dalam usaha cetak kain. Misalnya anda membutuhkan sejumlah uang untuk membeli sebuah alat komputer, meski bukan komputer baru tetapi setidaknya membutuhkan modal yang lumayan besar dalam pembeliannya. Begitu juga bila anda membutuhkan printer untuk jenis printing digital, maka anda harus membeli mesin printer khusus yang harganya lumayan merogoh kantong. Terlebih lagi bila anda menggunakan metode sablon sublim, maka tentu saja modalnya jauh lebih banyak lagi yang harus disiapkan.

Perbedaan Sublimasi dan Sablon Polyflex

Sablon sublimasi dan sablon polyflex merupakan dua teknik atau metode sablon yang sering dipakai pada produksi seperti pembuatan pakaian olahraga. Kedua teknik tersebut ini tentunya bisa digunakan untuk produksi pembuatan jenis pakaian lainnya diantaranya seperti kaos dan juga jaket.

Lantas apa itu sablon sublimasi dan sablon polyflex? Dan apa perbedaan teknik sablon sublimasi dan sablon polyflex? Simak detail ulasannya dibawah ini.

Sablon Sublimasi

Sablon sublime atau sublimasi adalah teknik atau metode sablon yang menggunakan digital printing. Sama seperti halnya dengan sablon polyflex, sablom sublim juga tidak memakai screen pada prosesnya. Proses teknik sublimasi terbilang jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan sablon manual, sehingga cocok sekali untuk produksi pakaian maupun kaos dalam waktu yang sangat cepat serta kuantiti yang banyak.

Sablon sublimasi bisa digunakan dalam membuat kaos ataupun pakaian full print dikarenakan medianya yang sangat besar dan luas. Sablon sublim ini mempunyai kelebihan yang bisa mencetak gambar dengan gradasi warna yang baik, tidak mudah luntur, warna lebih cerah dan hasilnya sangat tajam.

Sablin metode sublime ini menghasilkan kualitas yang baik dan juga tahan lama, tetapi sayangnya sablon teknik sublim ini hanya bisa diterapkan pada kain yang berbahan serat polyester yang mempunyai warna dasar putih ataupun warna cerah. JIka ingin melakukan teknik pada kain katun, maka kain tersebut itu wajib diberi sebuah cairan pre-treatment terlebih dulu.

Proses Pembuatan Sablon Sublimasi

1. Siapkan desain dan print
Siapkan desain terlebih dulu yang ingin anda gunakan dengan teknik sublim. Bila desainnya sudah tersedia, maka print segera desain yang sudah di mirror pada media kertas transfer menggunakan tinta khusus sublim.

2. Letakkan desain pada kaos lalu press
Letakkan desain yang sebelumnya sudah di print ke atas pakaian atau juga kaos yang sudah disediakan, kemudian press segera menggunakan mesin press sablon dengan suhu serta waktu yang sudah ditentukan.

3. Lepas kertas perlahan-lahan
Apabila sudah melewati proses pengepresannya, maka segera lepaskan kertas pelindung secara perlahan-lahan. Sablon teknik sublim sudah selesai dan kini siap digunakan.

Cara Merawat Sablon Sublimasi

Sebenarnya metode sublimasi ini bersifat permanen dan pastinya tidak mudah luntur. Hasil menggunakan teknik sablon sublimasi mampu bertahan lama, biasanya mengikuti usia dari pakaian ataupun kaos itu sendiri. Tetapi tak ada salahnya juga untuk merawat kaos atau pakaian yang menggunakan teknik sublime tersebut.

Proses perawatan bisa berupa memperhatikan cara pemakaian mesin cuci ketika proses pencucian, memperhatikan suhu ketika proses penjemuran serta proses pelicinan kaos atau pakaian. Bisa juga merawat sablon ini dengan cara memperhatikan care label di pakaian ataupun kaos tersebut.

Sablon Polyflex

Sablon polyflex sendiri merupakan salah satu teknik metode sablon yang memakai media atau bahan-bahan seperti vinyl dan juga stiker yang kemudian nantinya melewati proses cutting lalu di press dengan menggunakan mesin press supaya melekat dengan permukaan kaos atau pakaian.

Jenis sablon yang satu ini mungkin masih jarang sekali digunakan, tetapi umumnya teknik sablon polyflex kerap kali digunakan pada pakaian atau kaos olahraga, contohnya untuk membuat nomor pada punggung atau juga membuat logo klub. Jenis sablon polyflex ini tidak memakai screen seperti sablon manual. Sablon polyflex sendiri mempunyai ciri khas dari hasil cetakannya yang cukup elastis serta warnanya yang solid.

Kelebihan dari teknik sablon polyflex yaitu hasilnya sangat tajam dan juga solid, hasilnya yang bisa melekat kuat dengan permukaan pada kain, tak mudah pecah, serta tak mudah pudar sehingga hasil cetak sablon polyflex mampu bertahan lama dan awet.

Proses Pembuatan Sablon Polyflex

Semua teknik sablon itu tentunya memiliki proses pembuatan. Dan berikut ini adalah proses tahapan-tahapan pembuatan dari teknik sablon polyflex.

1. Siapkan desain dan cetak
Siapkan desain yang nantinya akan dicetak dan dijadikan sablon polyflex. Print desain gambar yang sudah ditentukan (file sudah berbentuk mirror) dan cetak memakai mesin print cutting.

2. Bersihkan hasil desain yang sudah dicetak
Setelah dicetak, kemudian cabuti bagian polyflex tersebut yang tidak termasuk desain sampai tersisa bagian desain yang sudah dibuat pada awal tadi.

3. Tempel dan press sablon polyflex
Tempel polyflex yang sudah dibersihkan ke permukaan kaos atau pakaian. Saat sudah ditempelkan, press segera menggunakan mesin press dengan suhu panas yang telah ditentukan. Jika sudah selesai diproses, lalu cabut pelapis bagian luarnya. Sablon polyflex kini sudah selesai dan siap dipakai.

Cara Merawat Sablon Polyflex

Sablon Polyflex itu memang mempunyai elastisitas serta karakteristik yang tak mudah pecah. Tetapi tetap saja, meskipun hasilnya tidak mudah rusak tapi perlu juga untuk perawatan sehingga bisa awet dan bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini beberapa tips perawatan hasil dari sablon polyflex :

  1. Hindari mencuci kaos atau pakaian menggunakan mesin cuci secara terus-menerus. Hal tersebut bisa menyebabkan menurunnya kualitas serta kelenturan sablon polyflex dan juga kerekatan sablon pada permukaan kaos atau pakaian. Proses pencucian dianjurkan memakai tangan alias manual supaya lebih terjaga kualitasnya serta tahan lama. Hindari juga penyikatan saat memakai teknik pencucian manual sebab bisa merusak tekstur dan juga kualitasnya.
  2. Hindari proses merendam kaos atau pakaian hasil sablon polyflex. Merendam terlalu lama bisa mempengaruhi kualitas kelekatan pada permukaan kaos tersebut. Hindari pemakaian pemutih sebab bisa merusak sablon polyflex. Jika diharuskan untuk merendam, sebaiknya hindari merendam pakaian dalam waktu lama.
  3. Perhatikan saat menjemur, memeras kaos atau pakaian dari hasil sablon polyflex bisa mengakibatkan pecah-pecah dan mengelupas hasil sablon polyflex tersebut.
  4. Perhatikan suhu panas saat menjemur kaos atau pakaian serta melicin dari hasil sablon polyflex. Hasil sablon polyflex tidak boleh terkena suhu panas karena bisa merusak sablon seperti menjadi leleh maupun pecah-pecah.

Kesimpulan

Sablon sublimasi dan sablon polyflex merupakan salah satu metode sablon digital. Hal ini karena prosesnya meliputi pemakaian sebuah teknologi digital canggih serta tidak memerlukan screen misalnya seperti sablon manual. Keduanya mempunyai kelebihan dan juga kekurangannya sendiri.

Kedua jenis sablon tersebut umumnya dipakai pada pakain maupun kaos olahraga, tetapi tidak menutup kemungkinan teknik sablon ini dipakai pada kaos atau pakaian non-olahraga. Sablon polyflex sangat cocok untuk menyablon detail seperti nomor punggung dan nama, sedangkan teknik sublimasi lebih universal, misalnya sebagai sablon motif pada kaos atau pakaian olahraga.