Back

Cara Sederhana Merawat Mesin Printer Bagi Siapa Saja

Cara Sederhana Merawat Mesin Printer Bagi Siapa Saja

Cara Sederhana Merawat Mesin Printer bagi Siapa Saja – Sebenarnya atau printer itu tidaklah sulit. Dan yang pasti perawatan mesin printer itu tidak membutuhkan budget atau biaya yang mahal. Jauh lebih mahal apabila mesin printer rusak, terlebih lagi bila ada bagian mesin printer yang harus diganti. Sudah tentu biayanya jauh lebih mahal.

Itulah kenapa sebaiknya kalian atau anda mengetahui tips merawat mesin printer itu seperti apa. Anda tidak harus menjadi seorang ahli teknisi, sebab ada hal-hal yang mudah serta basic yang bisa dilakukan untuk merawat mesin printer. Dengan cara ini, mesin printer akan awet dan bisa dipakai hingga bertahun-tahun.

Printer yang Rusak Belum Tentu Sudah Tua

Sebelum kita membahas tentang cara mudah merawat printer, ada kesalahan persepsi mengenai mesin printer yang mudah rusak. Ada sebagian yang menganggap ketika mesin printer sering rusak, itu tandanya usia mesin printer sudah terlalu tua. Sama seperti komputer maupun alat-alat elektronik lainnya. Komponen yang sudah tua, sehingga mudah rusak.

Faktanya bukan seperti itu. Mesin printer memang rentan sekali terhadap kerusakan. Dan bahkan mesin printer yang baru digunakan dalam beberapa minggu ataupun bulan pun juga bisa saja terkena kerusakan. Apalagi jika mesin printer digunakan untuk mencetak produk dalam jumlah yang sangat banyak. Bisa saja mesin printer baru pun bisa rusak.

Oleh sebab itulah, sebenarnya kuncinya yaitu ada pada cara perawatan mesin printer tersebut. Apabila anda menerapkan perawatan printer yang tepat, maka mesin printer tersebut tidak akan mudah rusak meskipun usianya sudah beberapa tahun.

Jadi, mesin printer yang rusak itu tidak harus selalu dikait-kaitkan dengan usia printer yang sudah tua. Tak ada jaminan dimana ketika membeli mesin printer mahal, maka mesin printer tersebut tahan lama. Kuncinya yaitu bagaimana caranya anda untuk bisa merawat printer dengan baik dan benar.

Perawatan Ringan yang Bikin Printer Awet

Ada beberapa langkah-langkah perawatan mesin yang bisa dilakukan oleh siapapun, sekalipun anda bukan seorang ahli teknisi atau ahli dalam bidang elektronik. Apa sajakah itu, berikut langkah-langkahnya yang wajib diperhatikan:

1. Jangan biarkan printer berdebu

Hal yang pertama yaitu selalu printer dari adanya debu-debu yang menempel pada mesin. Terutama bila ada debu yang menempel pada bagian dimana kertas masuk ataupun keluar. Pasalnya, debu itu bisa saja masuk ke bagian-bagian yang lebih dalam lagi sehingga akan merusak komponen-komponen mesin yang penting, seperti komponen “cartridge”.

Setaip harinya, sebaiknya anda membersihkan mesin printer menggunakan kemoceng. Tak perlu membersihkan bagian dalam mesin print. Bila bagian luar mesin sudah bebas dari adanya debu-debu yang menempel pada mesin setiap harinya, kemungkinan besarnya bagian dalam mesin pun juga akan bersih dikarenakan debu tidak menempel pada bagian luar mesin dan masuk kedalam mesin.

Supaya mesin printer tidak berdebu, alangkah baiknya bila menempatkan mesin printer pada ruangan yang tertutup. Taruh mesin printer di meja yang sedikit lebih tinggi supaya tidak mudah terkena debu.

2. Gunakan secara berkala

Siapa bilang mesin printer yang terlalu sering dipakai itu akan mudah rusak, bisa juga sebaliknya. Mesin printer yang sudah lama tidak digunakan pun juga bisa rusak. mengendap, sehingga mesin printer tidak bisa untuk mencetak dokumen ataupun gambar secara optimal.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakanlah mesin printer secara berkala. Jika mesin printer tidak digunakan, setidaknya print dokumen sekali saja dalam satu atau dua hari. Ini supaya membuat tinta printer terus keluar dan tidak menutupi lubang “cartridge” karena mengendap.

Di sisi lain, komponen mesin printer lainnya juga tidak rusak dikarenakan mesin terus dipakai. Misalnya saja seperti komponen rol untuk mengeluarkan kertas print. Komponen tersebut ini yang paling mudah rusak bila mesin printer lama tidak digunakan atau dipakai.

3. Jangan biarkan printer bekerja terlalu berat

Cara ini, cara merawat mesin print yang seringkali diabaikan. Printer sendiri tidak seperti mesin fotocopy yang bisa dipakai mencetak dokumen secara terus menerus.

Boleh-boleh saja anda mencetak dokumen dengan skala yang besar atau banyak. Namun, beri jeda supaya mesin printer tidak bekerja secara marathon. Misalnya anda ingin mencetak 100 lembar dokumen, berikan jeda setiap 10 lembar halaman supaya mesin printer bisa istirahat. Hal ini sangat penting sekali supaya mesin printer terjaga dengan baik dan tidak mudah rusak.

4. Pilih tinta sesuai rekomendasi

Ada banyak sekali jenis atau model mesin printer yang bisa anda beli. Dan setiap merk menawarkan beberapa serinya. Dalam hal ini, tentunya anda harus tahu setiap seri dan juga setiap merk itu berbeda-beda. Bahkan tinta yang direkomendasikan pun juga sama berbeda-beda. Tinta sangat bergantung pada cartridge dan komponen di dalam mesin printer.

Jadi, sangat penting sekali bagi anda untuk sering membaca buku manual printer. Perhatikan tinta jenis seperti apa yang direkomendasikan untuk mesin printer yang anda gunakan saat ini, begitupun dengan kertas print yang digunakan. Supaya hasil cetakannya maksimal, media kertas yang digunakan sangat menentukan juga untuk hasil yang maksimal.

Gunakanlah kertas cetak yang berkualitas, kertas yang mempunyai ketebalan standar supaya tidak merusak roll printer.

5. Pahami cara mengisi tinta yang benar

Ada satu aturan yang sederhana tetapi sangat penting sekali dalam hal pengisian tinta printer. Dan ini merupakan bagian yang sangat krusial, terkait dengan tips atau cara perawatan mesin printer. Setiap kali mengisi tinta printer, usahakan supaya anda tidak mengisi tinta terlalu banyak atau penuh. Harus ada bagian atasnya yang masih kosong. Space sangat diperlukan supaya masih ada udara yang berperan guna menekan tinta keluar ketika mesin printer digunakan atau dipakai.

Sayangnya, banyak sekali orang-orang tidak mengerti akan hal ini. Dengan alasan supaya tinta printer tidak cepat habis, mereka pun mengisi penuh tintanya. Akhirnya, hasil cetakan biasanya tidak maksimal dikarenakan tinta tidak keluar dengan baik (tidak lancar). Cartridge pun jadi mudah rusak.

6. Matikan mesin printer saat tidak digunakan

Bila mesin printer anda gunakan di kantor, hidupkan mesin pada pagi hari. Tetapi, ketika kantor sudah tutup, matikan mesin printer tersebut. Atau jika tak ada keinginan untuk mencetak dokumen, maka sebaiknya matikan mesin printer tersebut.

Nah, seperti itulah beberapa cara mudah merawat printer yang bisa anda lakukan. Sangat mudah sekali bukan. Jika Anda membutuhkan jasa cetak bisa lihat penawaran kami di beranda disini.