Back

5 Tips Merawat Mesin Printer

5 Tips Merawat Mesin Printer

5 Tips Merawat Mesin Printer – Mesin sekarang ini merupakan sebuah perangkat wajib untuk mendukung proses usaha atau bisnis penggunanya. Tak hanya di lingkungan perkantoran saja, mesin printer tersebut juga digunakan untuk mendukung bisnis cetak foto, bisnis cetak kaos dan bisnis cetak lain sebagainya.

Mesin Printer

Seringkali, tingginya frekuensi pada penggunaan mesin printer tidak disertai dengan adanya tips atau perawatan mesin yang benar. Berikut ini Sublim akan membagikan tips cara merawat mesin printer yang benar dari www.sublimprint.com.

1. Gunakan Printer Secara Rutin

Langkah yang sederhana untuk menjaga mesin printer supaya tetap awet, gunakanlah mesin printer secara rutin untuk mencetak.

Di dalam bodi printer (mesin printer) terdapat banyak gear sparepart penggerak mesin printer yang dilapisi oleh “Grease Pelumas Mekanik”. Apabila mesin printer tidak dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama, pelumas tersebut akan perlahan-lahan mengering. Dan apabila gear bergerak tanpa adanya pelumas, maka bisa dipastikan dengan sangat cepat gear akan mengalami masalah kerusakan, contohnya seperti patah atau juga tersendat.

Selain itu juga, mencetak secara rutin itu maka kualitas cartridge dan juga head printer akan tetap terjaga, sebab bekerja menyemprotkan tintanya secara rutin.

Perlu diketahui, beberapa macam jenis tinta printer bisa menyebabkan kebuntuan pada cartridge ataupun head printer bila dalam kurun waktu yang tertentu tidak dipakai atau digunakan. Oleh sebab itu, cermatlah dalam memilih jenis tinta sublim yang akan digunakan nanti.

2. Jangan Menggunakan Mesin Printer Mencetak Terlalu Banyak

Jangan paksa mesin printer mencetak dokumen yang terlalu banyak dalam sekali proses pencetakan. Mengapa hal ini sangat penting? Ya, karena bila anda amati setiap mesin printer itu mempunyai masa jeda nya jika digunakan untuk mencetak dokumen dalam jumlah yang banyak (skala besar).

Fungsi tersebut ini digunakan untuk mesin printer memberikan waktu istirahat kepada gear printer guna mendinginkan permukaannya dan juga head print untuk melakukan “cleaning” otomatis supaya hasil cetakannya terjamin kualitasnya.

Akan tetapi, banyak sekali orang-orang yang menggunakan mesin printer langsung mencetak dpkumen dengan skala besar (banyak) misalnya 100 lembar, bila anda tetap lakukan hal tersebut maka gear print akan lebih cepat panas sehingga head prin tidak bisa melakukan cleaning otomatis yang berakibat pada hasil cetakannya yang putus-putus atau warnanya yang tidak tajam.

Perhatikan! Apabila anda mencetak dokumen dalam jumlah banyak misalnya 50 lembar, maka proses cetak halaman 1-25 saja terlebih dahulu, kemudian berikan jeda pada mesin printer kurang lebih 3 menitan, lalu lanjutkan lagi sisanya sampai selesai.

3. Gunakan Tinta Printer Yang Tepat

Perlu anda ketahui bahwa pemilihan jenis tinta yang tepat bisa menjaga keawetan mesin printer. Banyak sekali jenis tinta yang beredar di pasaran yang bisa menyebabkan kebuntuan pada komponen mesin printer seperti cartridge atau juga head print jika printer tidak digunakan dalam waktu yang lama.

Jadi, alangkah baiknya anda harus lebih cermat lagi dalam hal memilih jenis tinta yang nanti akan digunakan. Sesuaikan dengan aplikasi hasil cetakan anda apakah untuk mencetak dokumen, mencetak foto atau juga kebutuhan cetak grafik lainnya.

Setiap merk dan jenis tinta mempunyai tingkat kekentalan yang berbeda-beda. Sebab itulah, pastikan untuk tetap memakai atau menggunakan jenis tinta yang sama dengan tinta yang sudah pernah digunakan. Apabila anda terpaksa mengganti tintanya dari tinta original kemudian menggunakan tinta compatible, maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan teknisi printer yang terdekat atau bisa juga dengan kami Sublim Print.

Tinta compatible yang baik itu adalah jenis atau tipe tinta yang mempunyai tingkat kekentalannya yang sama dengan tinta original. Anda bisa memakai tinta jenis “tinta dye based photo premium” dari Sublim Print yang sudah terbukti mmpunyai kekentalan yang sama dengan tinta tersebut.

4. Ganti Selang Infus Secara Berkala

Selain mesin printer, selang CISS infus modif juga mempunyai masa pemakaian. Lama masa pemakaian pada selang ini bergantung dengan jenis tinta yang digunakan. Di bagian ini, selang mesin printer berperan sangat penting dalam menyalurkan tinta dari tabung infus menuju cartridge print.

Banyak sebagian orang yang menganggap selang printer tersebut dianggap masih layak pakai selama bisa mengalirkan tinta. Tetapi sebenarnya anggapan ini adalah salah! Selang printer yang tidak diganti dalam kurun waktu yang lama bisa menyebabkan selang menjadi keras, sehingga gerak selang printer menjadi tidak teratur dan bisa tersangkut saat proses pencetakan.

Intensitas penggantian selang printer bergantung pada jenis tinta printer yang digunakan. Semakin kental jenis tintanya, akan semakin cepat pula intensitas penggantian pada selang printer. Jenis tinta yang kental seperti tinta sublim, tinta pigment dan juga tinta art paper idealnya penggantian selang printer dilakukan selama 5-6 bulan sekali. Berbeda bila anda menggunakan tintanya yang lebih cair misalnya seperti tinta dye based atau tinta anti UV penggantian selangnya dilakukan selama 12 bulan sekali atau satu tahun sekali.

5. Gunakan Head Cleaner

Perawatan yang paling sangat penting yaitu selalu sedia head cleaner di rumah. Head cleaner ini adalah cairan khusus untuk atau juga mengatasi permasalahan kebuntuan pada komponen head printer. Perlu diketahui, head cleaner ini tidak hanya untuk membersihkan komponen mesin printer seperti head print yang buntu, tetapi bisa juga menjaga kondisi pada head printer dalam keadaan prima ketika printer tidak digunakan atau dipakai dalam waktu yang lama.

Nah, seperti itulah 5 Tips Cara Merawat Printer yang bisa kami bahas dalam artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan silahkan bagi anda yang memiliki mesin printer milik sendiri supaya tetap awet dan tahan lama, lakukan cara-cara sederhana di atas ini yang sudah kami Sublim Print jelaskan.