Back

Apa Saja Bahan Baju Yang Paling Bagus Buat Sablon?

SUBLIMPRINT.COM – Apabila Anda merupakan seorang calon pemilik atau sedang mengembangkan usaha sablon, mungkin pernah bertanya-tanya mengenai baju yang paling bagus untuk proses sablon.

Pertanyaan seperti, “ apa yang sebaiknya saya pilih agar menghasilkan sablon yang berkualitas?” atau “Apakah ada tertentu yang lebih cocok untuk mencetak desain pada baju?”

Jawabannya cukup sederhana: pilihlah yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan Anda. kaos yang berkualitas tinggi akan memberikan hasil sablon yang lebih baik, tahan lama, dan dapat memenuhi harapan pelanggan Anda.

Berikut ini adalah beberapa jenis bahan baju yang menjadi pilihan populer dalam industri sablon:

1. Cotton Combed 20s

Cotton Combed 20s merupakan salah satu bahan kaos terbaik untuk proses sablon. Bahan ini memiliki tekstur yang halus dan berkualitas tinggi. Gramasinya sekitar 190-200gsm, yang berarti cukup tebal dan memberikan kesan premium.

Kualitas dan kenyamanan yang ditawarkan oleh bahan Cotton Combed 20s memungkinkan Anda untuk menjual dengan harga yang lebih tinggi, sehingga berpotensi memberikan margin keuntungan yang baik. Selain itu, bahan ini juga mampu menyerap keringat dengan baik, menjadikannya populer di pasar Indonesia yang memiliki iklim tropis.

Dengan menggunakan bahan Cotton Combed 20s, hasil sablon pada kaos akan lebih baik, rapi, dan detail. Namun, perlu diingat bahwa bahan ini cukup sensitif dan membutuhkan perawatan khusus agar tidak mengalami kerutan atau penyusutan.

2. Cotton Combed 30s

Cotton Combed 30s juga merupakan pilihan yang bagus untuk sablon kaos. Bahan ini memiliki tekstur yang halus dan nyaman saat dikenakan. Meskipun tidak selembut Cotton Combed 20s, Cotton Combed 30s tetap memiliki daya serap yang baik.

Cotton Combed 30s memiliki gramasi sekitar 140-150s, yang sedikit lebih tipis dibandingkan dengan Cotton Combed 20s. Hal ini menjadikannya sebagai pilihan yang lebih terjangkau, tetapi tetap dengan kualitas yang baik.

Bahan ini sering digunakan untuk pembuatan kaos promosi, kaos event, atau kaos-kaos distro dengan harga yang lebih ekonomis. Meskipun hasil sablonnya tidak seoptimal Cotton Combed 20s, Cotton Combed 30s tetap memiliki banyak peminat.

3. Cotton Carded

Cotton Carded merupakan bahan kaos yang terbuat dari serat kapas yang belum melalui proses penyisiran. Hal ini menghasilkan tekstur yang sedikit kasar dibandingkan dengan bahan combed cotton. Namun, Cotton Carded tetap menawarkan tingkat kenyamanan yang cukup tinggi dan hasil sablon yang baik.

Bahan ini sering dipilih untuk sablon kaos dengan pertimbangan harga yang lebih terjangkau. Cotton Carded cocok digunakan untuk pembuatan kaos promosi, kaos event, atau kaos distro tanpa harus mengorbankan kualitas.

4.

merupakan bahan sintetis yang sering digunakan dalam proses sablon. Kelebihan utamanya adalah daya tahan dan ketahanannya terhadap peregangan dan penyusutan. Bahan ini ringan dan cepat kering, sehingga cocok digunakan untuk pakaian olahraga atau aktivitas fisik.

memiliki daya tahan warna yang sangat baik, sehingga desain sablon tetap tampak cerah meskipun telah dicuci berkali-kali. Namun, beberapa konsumen mungkin menganggap kurang nyaman saat dikenakan, terutama di iklim panas dan lembap.

Ketika memilih untuk sablon, penting untuk memilih kualitas yang baik agar hasil sablon tetap tajam dan warna tetap cerah seiring waktu.

Demikianlah beberapa bahan baju yang umum digunakan dalam sablon. Ingatlah bahwa pemilihan bahan yang tepat akan sangat mempengaruhi kualitas dan kesuksesan Anda.

Pertimbangkanlah kebutuhan dan preferensi pelanggan Anda, serta berbagai faktor seperti harga, kenyamanan, dan daya tahan, sebelum memutuskan bahan yang akan Anda gunakan dalam proses sablon.

Sebagai seorang pelaku sablon, teruslah eksplorasi dan pelajari bahan-bahan baru yang muncul di pasaran. Dengan memahami karakteristik dan keunggulan masing-masing bahan, Anda dapat menyesuaikan penawaran Anda dengan kebutuhan pelanggan dan menghasilkan sablon berkualitas tinggi yang memuaskan semua pihak.