Back

Sablon Digital vs Sablon Manual, Apa Saja Kekurangan dan Kelebihannya

Sablon Digital vs Sablon Manual

Sublimprint.com VS , kira-kira mana yang lebih cuan? Kini kaos bukan lagi dipakai disaat santai saja, akan tetapi kaos juga kini sudah bisa dipakai untuk berbagai macam kegiatan seperti komunitas, kampanye maupun juga event kantor.

Dengan adanya teknik , maka mencetak kaos kini sudah semakin mudah dan bahkan lebih prosesnya jauh lebih cepat. Lantas, apa perbedaan diantara polyflex, DTF, ataupun sublimasi dengan ? Simak saja info selengkapnya berikut ini!

Untuk kamu ketahui, saat ini terdapat ada banyak sekali teknik atau metode penyablonan pada kaos. Yang pertama ialah dengan teknik cara sablon sejak zaman dulu yakni teknik pencetakan kaos manual dan yang paling terkini dan tercanggih ialah printing.

Baca Juga : Jasa Print Sublim Murah di Jakarta

Kedua teknik atau metode kaos tersebut memang mempunyai keunggulan masing-masing. Dan berikut ini perbedaan-perbedaan diantara kedua metode sablon tersebut!

Proses Pembuatan
Proses pembuatan metode ada dengan bahan polyflex ataupun yang printing. Untuk bahan polyflex ini sangat direkomendasikan sekali untuk kamu yang sekiranya ingin melakukan teknik sablon dengan desain gambar yang sederhana, sebenarnya bisa juga menggunakan desain gambar yang rumit tapi kamu harus menggunakan metode tambahan yakni multiplayer.

Jika ingin melakukan kaos dengan desain gambar yang rumit dengan full colour, kamu bisa menggunakan metode sablon DTF dan juga teknik Subimasi Printing dikarenakan prosesnya yang cukup print desain serta press ke media tekstil.

Sementara untuk teknik sendiri menggunakan alat bantu seperti screen atau juga film sablon, dan prosesnya cukup memakan waktu yang sangat lama serta membutuhkan keahlian yang khusus.

Alat-Alat yang Digunakan
Beda cara dan beda pula alat-alat yang akan digunakan untuk mencetak desain. Untuk sendiri ada beberapa alat-alat penting seperti papan banting, rakel, tinta, hairdrayer, screen dan juga coater.

Sementara itu, untuk teknik sablon digital sendiri akan membutuhkan sebuah cutting, tinta, printing, press dan juga pet film atau kertas transfer papper atau kertas sublime.

Kualitas Sablon
Sebenarnya tak ada jaminan apakah kualitas sablonnya itu lebih bagus manual atau digital? Semuanya itu tergantung pada perawatan hasil sablon kaos itu sendiri. Jika menggunakan jenis tinta yang kurang berkualitas, maka pastinya hasilnya pun akan cepat memudar dan bahkan mudah retak khususnya untuk teknik .

Sedangkan untuk teknik sablon digital sendiri mempunya jenis sablon yang terbilang cukup kuat dikarenakan cukup elastis.

Baca Juga : Jasa Cetak Sublimasi Jakarta Tangerang

Jumlah Minimum Order
Untuk metode sablon digital itu tidak terpaku pada minimal orderan dikarenakan proses produksinya yang sangat cepat dan bahkan sangat mudah serta bisa dilakukan meskipun jumlahnya satu orderan saja. Sedangkan untuk metode sablon manual sendiri semakin banyak produksinya maka semakin minim pula biaya produksinya, dan pastinya akan ada minimal order untuk teknik sablon manual.

Sablon digital dan sablon manual adalah dua teknik pencetakan kaos yang memiliki keunggulan masing-masing. Sablon digital menggunakan cutting, tinta, printing, mesin press, dan pet film atau kertas transfer papper atau kertas sublime, sementara sablon manual menggunakan alat bantu seperti papan banting, rakel, tinta, hairdrayer, screen, dan coater.

Teknik sablon digital memiliki proses yang lebih cepat dibandingkan dengan sablon manual, tetapi sablon manual memiliki jenis tinta yang lebih berkualitas. Jumlah minimal order untuk sablon digital tidak terpaku, sementara untuk sablon manual tergantung pada kebutuhan kaos yang ingin dicetak. Harga per produk untuk sablon digital lebih mahal dibandingkan dengan sablon manual, tetapi biaya produksi untuk sablon digital lebih dibandingkan dengan sablon manual.

Dalam proses produksi, sablon digital memiliki keunggulan dibandingkan dengan sablon manual karena prosesnya yang lebih cepat dan efisien. Selain itu, sablon digital juga memiliki keunggulan dalam hal desain, karena teknik ini bisa mencetak desain yang lebih rumit dengan warna yang lebih banyak dan tajam. Namun, sablon manual masih memiliki keunggulan dalam hal kualitas sablon, karena jenis tinta yang digunakan lebih berkualitas dan tahan lama.

Dari segi harga, sablon digital memang lebih mahal dibandingkan dengan sablon manual untuk setiap produk yang dihasilkan. Namun, jika dilihat dari sisi biaya produksi, sablon digital bisa lebih karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk alat-alat manual seperti screen atau film sablon.

Jadi, pilihan terbaik untuk kamu tergantung pada kebutuhan dan kondisi kamu. Jika kamu membutuhkan kaos dengan jumlah yang sedikit dan desain yang sederhana, maka sablon manual mungkin lebih cocok. Namun, jika kamu membutuhkan kaos dengan jumlah yang banyak dan desain yang rumit, maka sablon digital mungkin lebih cocok.

Seperti itulah kira-kira penjelasan tentang Sablon Digital vs Sablon Manual serta beberapa poin penting yang dapat membantu untuk kamu memilih apakah sablon manual atau sablon digital untuk menunjang bisnis sablon kamu.