Back

Mengenal Karakter Bahan Hyget

Mengenal Karakter Bahan Hyget

Mengenal Karakter Bahan Hyget – Setelah kebutuhan sandang pangan terpenuhi, maka tentunya kebutuhan manusia yang harus terpenuhi yang selanjutnya adalah sandang (pakaian) yang dipakai dalam beraktivitas. Setiap manusia pasti akan memilih serta memakai pakaian yang sesuai apa yang disukainya dan keperluannya.

Selain itu juga, - untuk membuat kaos atau pakaian sangat banyak sekali, mulai dari yang termurah hingga harganya yang terlalu mahal atau dari kualitas rendahan hingga kualitas bagus.

Setiap pasti mempunyai kekurangan dan juga kelebihan masing-masing pada tersebut, sehingga anda bisa menyelesaikannya sesuai kebutuhan yang diperlukan atau dibutuhkan. Tak hanya itu saja, dalam hal memilih pakaian, anda juga perlu mengenal terlebih dulu karakteristik dari tersebut, sehingga bisa menghasilkan kaos atau pakaian dengan maksimal.

Bahan

Bagi anda yang bingung ingin membuat kaos atau pakaian, tapi tidak mengetahui bahan apa yang digunakan, maka anda bisa memilih bahan ini. Bahan ini () sangat cocok sekali dijadikan sebagai bahan baku pakaian. Terlebih lagi, harga bahan tidaklah begitu mahal, sehingga banyak sekali yang memakai bahan ini untuk membuat pakaian yang terutama bagi para pengusaha konveksi pangsa pasarnya menengah kebawah.

Bahan Hyget

Bahan hyget adalah jenis bahan yang terbuat dari gabungan diantara bahan katun dan juga bahan , bahan ini sering kali digunakan untuk pembuatan kaos. Pada dasarnya, bahan hyget sendiri termasuk jenis bahan pakaian dengan nilai harga jualnya yang cukup murah. Tetapi, meskipun harganya yang tergolong sangat murah, bukan berarti kualitas pada bahan hyget ini menjadi tidak berkualitas.

Bahan sekali industri konveksi yang mempunyai target pasar menengah menggunakan jenis bahan hyget ini dikarenakan harga bahannya yang murah. Maka dari itulah, bagi anda yang ingin memulai bisnis konveksi bisa menggunakan jenis bahan hyget ini.

Harganya yang murah dibilang sebagai salah satu dari keunggulan bahan hyget dikarenakan dengan harga murah banyak pembeli yang membeli bahan hyget ini. Selain itu juga, bahan ini dikenal dengan jenis kain yang tidak terlalu tebal atau tipis jika dibandingkan dengan jenis bahan-bahan kaos yang lainnya, misalnya seperti carded, combed dan jenis bahan lainnya.

Baca Juga : Jasa Cetak Sublimasi Jakarta Tangerang

Berkembangnya model kaos atau pakaian, maka pemakaian bahan hyget sendiri ikut berkembang, dimulai dari pembuatan atau jilbab hingga sebagai pembuatan pelapis rok. Walaupun berkembang, namun pemakaian bahan ini lebih seringnya digunakan untuk dijadikan sebagai pembuatan kaos.

Seiring dengan perkembangan di dunia konvkesi, jenis bahan hyget ini juga iktu berkembang, sehingga bisa memilih serta mendapatkan bahan dengan harga murah dan juga sesuai dengan pilihan anda. Tetapi, sebelum memilih bahan ini, sebaiknya anda mengenal terlebih dahulu karakteristik bahan hyget itu sendiri.

Karakteristik Bahan Hyget

Mengenal karakteristik bahan hyget ini wajib diketahui oleh pengguna dari bahan tersebut, baik itu bagi pengusaha pakaian atau pembeli pakaian itu sendiri. Apabila sudah mengenal detil dari bahan ini, maka dipastikan kita tidak akan mengalami kekecewaan setelah mendapatkannya. Pada umumnya, jenis bahan yang satu ini digunakan pada produk-produk kaos seperti kaos event, kaos partai, jilbab, bahkan tak jarang pula bahan ini dijadikan sebagai bahan pembuatan bendera.

Pemakaian bahan hyget yang seringkali digunakan sebagai pembuatan kaos partai atau kaos sebuah event karena harganya yang cukup terjangkau dari bahan hyget. Harga yang terjangkau inilah yang bisa mengurangi pengeluaran budget ketika membuat acara event besar atau acara kampanye.

Ketika anda membeli kaos dengan bahan ini, sebaiknya anda jangan terlalu berharap bila kaos tersebut mampu menyerap dengan baik. Bahan hyget ini sudah dikenal kualitasnya yang kurang mampu menyerap keringat, sehingga ketika di suasana atau acara yang cukup panas, keringat yang dibadan anda akan mengalir terus. Bahan ini tidak bisa menyerap keringat dengan baik, sebab bahan ini tidak terbuat dari 100% bahan katun.

Karakteristik yang berikutnya adalah bahan ini tidak mudah kusut, dan bila dilihat akan nampak seperti mengkilap. Kain hyget sendiri bisa terlihat mengkilap dikarenakan bahan ini terlalu tipis, sehingga anda akan terasa cepat panas (gerah) ketika menggunakan kaos yang berbahan hyget. Dengan bahan yang super tipis ini, anda bisa mudah mengeringkannya sehingga tidak perlu khawatir akan kehabisan stok pakaian.

Dibalik bahannya yang cukup panas saat dipakai, ternyata hyget ini mempunyai satu kesistimewaan yaitu kain hyget tidak mudah kusut. Oleh sebab itulah, ketika nada menggunakan pakaian ini, maka anda tidak perlu repot-repot lagi untuk menyetrikanya supaya terlihat rapi.

Setelah mengenal karakter bahan hyget, rasanya belum lengkap bila tidak mengenal jenis-jenis dari bahan hyget ini. Anda akan mudah untuk memilih jenis hyget seperti apa yang cocok dijadikan sebagai bahan pakaian.

Jenis Bahan Hyget

Bagi anda yang belum mengenal atau juga belum mengetahui jenis bahan hyget, maka sebaiknya anda simak tentang jenis-jenis bahan hyget ini:

1. Hyget Biasa

Jenis hyget biasa sering dipakai pada kaos partai pada masa-masa kampanye. Bahan hyget biasa sangat tipis sekali jika dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Umumnya, hyget biasa ini lebih sering berwarna cerah serta dipadukan dengan warna lain, misalnya seperti warna putih dan kuning, putih dan biru, putih dan merah, dan lain sebagainya.

Bukan hanya lebih tipis, jenis bahan hyget biasa ini tidak mampu menyerap keringat dengan maksimal saat digunakan. Oleh sebab itulah, saat memakai kaos yang berbahan hyget biasa, anda akan terlihat seperti mandi keringat, terutama saat berada di cuaca yang sangat panas.

Kain yang tipis tidak mampu menyerap keringat, dan panas ketika dipakai. Ketiga hal tersebut bisa dibilang kekurangan dari jenis bahan hyget biasa, sehingga harga pada hyget biasa cukup murah. Buat anda yang ingin membuat sebuah acara atau event bisa mencoba menggunakan kaos yang berbahan hyget ini supaya anda tidak perlu mengeluarkan budget yang cukup besar.

2. Hyget Super

Jenis hyget super adalah jenis bahan hyget yang kualitasnya lebih baik dari bahan hyget biasa. Harga hyget super lebih mahal dari harga hyget biasa, namun anda akan mendapatkan kualitas yang jauh lebih baik, sehingga cukup nyaman saat digunakan atau dipakai.

Jenis hyget super mempunyai ketebalan yang cukup tebal jika dibandingkan dengan bahan hyget biasa. Kerapatan pada hyget super cukup rapat, sehingga seringkali bahan jenis ini dijadikan sebagai bahan pembuatan jilbab atau hijab instan. Selain itu juga, model hijab dengan bahan baku hyget super cukup banyak yang bisa membuat si pembeli bingung untuk memilihnya.

3. Hyget Balon

Bahan hyget balon ini terbilang kualitasnya lebih baik daripada hyget biasa. Perbedaan kualitas ini bisa dilihat pada saat kita memegangnya. Hyget balon ini mempunyai tekstur yang sangat lembut dan juga cukup adem saat dipakai. Sudah banyak pakaian-pakaian yang menggunakan bahan hyget balon.

Meski sudah banyak merk yang menggunakan jenis bahan hyget ini, namun harga hyget jenis ini terbilang cukup murah, hyget jenis ini biasa digunakan pada kaos tim olahraga atau digunakan sebagai kaos tiruan (KW). Biasanya kaos-kaos tiruan ini berupa meniru tim sepakbola, tim basket, tim bulu tangkis dan lainnya.

Perpaduan bahan katun dan ini membuat bahan hyget balon cukup mudah dalam menyerap keringat. Jenis hyget ini memang bisa menyerap keringat, namun tidak bisa secara maksimal, sehingga ada beberapa olahragawan-olahragawan yang merasa tidak nyaman. Tetapi, harganya yang terjangkau membuat hyget balon seringkali dijadikan sebagai kaos tim olahraga.

4. Hyget Serena

Dari ketiga jenis baha hyget sebelumnya, bisa dikatakan jenis hyget ini adalah jenis kain hyget yang terbaik. Bisa dikatakan menjadi yang terbaik, sebab hyget jenis ini memiliki tekstur yang lebih lentur serta lebih padat. Tekstur yang padat ini tidak akan mudah tembus pandang, sehingga ketika digunakan bahan ini tidak begitu panas.

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, kemampuan menyerap keringat yang kurang baik pada bahan hyget ini, tetapi pada jenis hyget ini bisa dibilang cukup baik. Perbedaan kualitas dari ketiga jenis hyget sebelumnya, jenis hyget serena mempunyai harga yang lumayan mahal dibandingkan dengan lainnya.

Ketika olahraga pastinya akan mengeluarkan keringat banyak, bila keringat tidak diserap oleh bahan kaos, maka olahragawan tersebut akan terganggu. Kemampuan menyerap keringat bisa membuat jenis hyget ini lebih seringkali digunakan untuk sebagai kaos olahraga. Jika anda mempunyai tim olahraga, sebaiknya buat kaos tim anda dengan bahan hyget serena supaya tidak mengeluarkan budget yang banyak.

Kekurangan Bahan Hyget

Bagi anda yang sekiranya mempunyai bahan hyget, sebaiknya anda kenali terlebih dahulu kekurangan dari bahan hyget tersebut sebelum membuat kaos dan jilbab. Dibawah ini akan kami jelaskan beberapa kekurangan pada bahan hyget:

1. Sangat Panas Ketika Dipakai

Untuk anda yang ingin menggunakan jilbab atau kaos yang berbahan hyget, sebaiknya anda jangan terlalu sering menggunakannya pada saat cuaca sedang panas. Hal ini disebabkan bahan hyget memiliki kekurangan berupa sangat panas saat dipakai. Jika jilbab atau kaos yang berbahan hyget ini di pakai pada cuaca panas, akan mengganggu aktivitas si pemakai atau anda, sehingga aktivitas yang dilakukan pun tidak maksimal.

2. Tida Bisa Menyerap Keringat dengan Maksimal

Selain panas, jenis bahan hyget dikenal kurang mampu menyerap keringat dengan maksimal, sehingga pemakainya akan merasa kurang begitu nyaman, sebab banyak sekali keringat yang keluar. Terlebih lagi ketika berolahraga, pastinya akan terasa seperti mandi keringat. Kekurangan ini bukanlah tanpa alasan, sebab bahan hyget ini tidak terbuat 100% dari bahan katun dan polyester.

3. Bahan Sangat Tipis

Bahan hyget dikenal sangat tipis, sehingga pantas kurang mampu menahan panas dengan baik. Saat anda memakai jilbab atau kaos yang berbahan hyget akan merasa panas. Tetapi, dalam beberapa jenis bahan hyget, ternyata ada juga yang mempunyai bahan sedikit agak tebal, misalnya seperti hyget serena dan hyget balon. Maka dari itulah, bahan hyget ini jarang sekali digunakan pada kaos-kaos yang dijual di distro.

Kelebihan Bahan Hyget

Dibalik kekurangan dari bahan hyget sendiri, ada beberapa kelebihan-kelebihan dari bahan hyget yang bisa anda ketahui sebelum anda menggunakan produk berbahan hyget ini. Berikut dibawah penjelasan mengenai kelebihan dari bahan hyget:

1. Mudah Ditemukan di Pasaran

JIka anda ingin membuat kerudung atau kaos, baik itu dalam jumlah kecil maupun besar, bahan hyget ini bisa menjadi pilihan anda. Hal tersebut dikarenakan hyget sangat mudah di cari, sehingga anda tidak perlu repot-repot untuk mendapatkan bahan jenis ini. Kain yang mudah ditemukan atau didapatkan itu bisa memudahkan anda untuk menyelesaikan jilbab atau kaos yang akan dibuat nanti.

2. Tidak Mudah Kusut

Untuk sebagian orang menyetrika pakaian itu memang sedikit malas. Jika anda seperti itu, maka anda bisa menggunakan jilbab atau kaos yang berbahan hyget, sebab jenis kain ini tidak mudah kusut meskipun habis dicuci sekalipun. Hal itulah menjadi kelebihan dari kain hyget tersebut.

3. Harga Cukup Murah

Kelebihan lainnya yaitu harga kain hyget sangat murah jika dibandingkan dengan harga kain lainnya seperti kain polyester atau juga cotton combed. Jika anda ingin membuat kaos dengan budget terjangkau, maka jenis kain hyget ini sangat cocok untuk digunakan.

Perawatan Bahan Hyget

Semua bahan jilbab atau kaos yang terbuat dari hyget harus dilakukan perawatan yang baik supaya kualitas bahannya tetap terjaga, sehingga anda bisa menggunakan kain hyget lebih lama lagi. merawat kain hyget berikut ini penjelasannya:

1. mencuci

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat merawat jilbab atau kaos yang berbahan hyget yaitu mencucinya. Warna pada kain hyget bisa dikatakan sangat awet (tidak mudah luntur), sehingga saat bahan ini dicuci jangan terlalu banyak memberikan deterjen.

Selain itu juga, apabila terdapat noda pada kain hyget, sebaiknya kain hyget jangan di sikat karena itu bisa merusak bahan hyget tersebut, anda cukup menguceknya saja.

2. Yang kedua yaitu proses penjemuran

Menjemur kain berbahan hyget tidak memerlukan banyak matahari, cukup di angin-anginkan saja. Jadi, saat cuaca mendung anda tidak perlu khawatir jika bahan hyget tidak kering.

3. menyetrika

Perawatan kain hyget yang ketiga yaitu menyetrika kain hyget. Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, kain hyget tidak mudah kusut, sehingga saat kain ini di setrika, anda hanya perlu memberikan pelicin pakaian saja.

Harga Kain Hyget

Untuk soal harga kain hyget memang terkenal sangatlah murah sekali bila dibandingkan dengan kain lainnya. Harga yang sangat murah ini banyak sekali di incar oleh produsen kaos dalam jumlah yang banyak.

Adapun harga dari kain hyget kisaran 5000 rupiah hingga 15 ribu rupiah per meternya, sangat murah sekali bukan? Tapi, harga bahan hyget di beberapa daerah berbeda, sebab tempat pembeliannya berbeda. Anda bisa juga membeli bahan hyget dengan cara per roll per meter atau juga per kilogram.

Kesimpulan

Bahan kain hyget salah satu jenis bahan dalam bentuk kain yang seringkali digunakan dalam pembuatan kaos ataupun jilbab, apalagi bahan hyget sangat dikenal dengan harganya yang sangat murah, sehingga banyak orang yang menggunakan bahan hyget. Bahan hyget mempunyai beberapa jenis yang semakin baik, maka untuk harganya pun akan semakin mahal. Jadi apakah anda sudah memiliki jilbab atau kaos yang terbuat dari bahan hyget ini?