Back

Inilah 7 Jenis Bahan Kain Untuk Digital Printing Sublim, Dijamin Hasilnya Bakal Memuaskan

9 Jenis Bahan Crinkle

Sublimprint.com – Printing Sublimasi adalah salah satu teknik pemberian motif pada media kain dengan bantuan alat mesin , printing dan juga kertas transfer papper.

Warna kain yang diproses menggunakan Metode Printing akan tampak lebih detail, tahan lama dan juga tidak mudah luntur. Pemakaian mesin-mesin yang berteknologi itu memang terbukti bisa mampu meningkatkan kualitas produk dan juga menekan biaya tenaga kerja serta mempersingkat waktu dalam produksi.

Sayangnya, metode printing sublimasi hanya bisa di aplikasikan pada media kain yang berbahan polyester 100% atau juga kain yang mempunyai lebih banyak kandungan bahannya dari polyester. Aapabila printing ini di aplikasikan pada media kain selain polyester, maka hasilnya pun akan kurang maksimal.

Berikut adalah beberapa jenis-jenis kain yang paling direkomendasikan untuk digitam printing sublime.

1. Kain Kanvas
Kain kanvas adalah jenis kain yang sangat terkenal akan ketebalan serta kekuatannya. Untuk metode printing , anda bisa mencoba menggunakan jenis kanvas yang terbuat dari bahan polyester, seperti berikut dibawah ini.

– Kanvas KCPE adalah jenis bahan kain polyester yang spesialis dipakai untuk bahan printing sublimasi. Jenis kain ini terbuat dari material bahan 100% polyester dan dengan ketebalan 150 cm. Bahan baku polyester ini membuat kain kanvas jenis ini memiliki warna putih yang bersih.

– Kanvas Polyester Twill juga adalah jenis kain yang terbuat dari bahan polyester 100% dengan anyaman twill 3/1. Jenis kain yang satu ini juga seringkali digunakan sebagai bahan printing dengan metode sublimasi, totebog, lining sofa dan lainnya.

– Kanvas Marsoto Polyester juga sama berbahan 100% polyester dan dengan anyaman marsoto 2-2. Jenis kain ini cocok untuk bahan pembuatan handicraft atau kerajinan tangan, lining sofa, printing dan fashion.

2. Kain BSY atau Bi Shrinkage
Kain BSY adalah jenis bahan kain yang terbuat dari bahan polyester 100%.Handfeel kain yang satu ini sangatlah halus dan juga lembut, sehingga sangat mudah sekali untuk dijahit. Kain BSY sangat cocok untuk bahan printing, terutama menggunakan metode sublimasi, mukena, sarung bantal, taplak meja, seragam batik dan label.

3. Kain Voal
Kain voal salah satu jenis kain bahan yang seringkali digunakan dalam pembuatan ataupun kerudung. Kain voal ini juga biasanya terbuat dari bahan polyester, tetapi tidak sedikit pula yang terbuat dari serat polyester. Kain voal sangat cocok untuk membuat printing, sehingga tidak heran bila bahan yang satu ini mempunyai banyak pilihan warna dan juga motifnya.

4. Kain Scuba
Umumnya jenis bahan kain yang satu ini juga terbuat dari bahan material kombinasi polyester dan spandek. Campuran bahan spandek pada Scuba membuat teksturnya cukup elastis, tahan air dan juga memiliki handfeel yang sangat lembut nan halus. Biasanya kain ini sangat cocok untuk bahan dekorasi pernikahan, fashion, sarung bantal dan tali atau strap kamera.

5. Kain
adalah jenis kain yang memiliki pori-pori, yang fungsinya untuk menyerap kelembapan. Kain biasanya terbuat dari bahan material antara polyester dan serat katun, sehingga memiliki sifat adem. Kain yang satu ini umumnya digunakan untuk pembuatan celana, kaos, printing, dan juga baju.

6. Kain Satin
Kain satin adalah kain sintetis dengan kilauan yang mampu menandingi kain sutra. Kain ini bisa menjadi referensi produk digital printing sublimasi. Jenis kain satin ini terbuat dari material bahan 100% polyester dan ditenun dengan menggunakan anyaman satin. Kain satin sangat mirip dengan kain sutra, tapi bila diperhatikan secara seksama, kain satin cenderung lebih berkilau dan juga lebih tebal.

7. Kain Sifon
Kain sifon salah satu jenis bahan kain yang sangat ringan, tipis dan juga permukaannya bertekstur seperti kulit jeruk. Material bahan ini juga dari polyester, sehingga sering kali digunakan digital printing dengan menggunakan metode sublim. Tidak hanya itu saja, kain ini bisa juga dijadikan sebagai bahan , pashmina, scraft dan berbagai macam aksesoris gaun.

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, jenis bahan kain polyester lah yang cocok untuk bahan digital printing yang menggunakan teknik sublimasi. Polyester sangat rentan sekali terhadap suhu dan juga tekanan. Sehingga, sebelum anda memproduksinya secara massal, maka pastikan sudah mengetahui suhu serta tekanan yang sesuai untuk bahan polyester.

Nah, apabila anda tertarik untuk memulai bisnis digital printing sublim, atau anda memang sedang mencari-cari supplier bahan kain yang terpercaya di Jakarta, Bandung, Surabaya, Jogja dan lainnya, kami Sublim Print siap menjadi mitra bisnis anda.

Konsultasikan dahulu kebutuhan bahan kain usaha anda pada OFFICE kami di nomor kontak 021-225-841-71 / 082-218-250-330, kemudian dapatkan penawaran produk terbaik dan dengan harga yang bersaing.