Back

8 Jenis Bahan Kain Sublimasi Yang di Rekomendasi

Jenis Sublim printing merupakan sebuah inovasi sablon digital yang saat ini makin populer di negara tercinta Indonesia ini. Untuk anda yang sekiranya ingin mengetahui lebih banyak lagi mengenai apa itu sublim printing atau printing sublim dan jenis kain apa saja yang bisa dijadikan sebagai media print sublim, langsung saja simak pembahasannya dibawah ini.

8 Jenis Bahan Kain Sublimasi Yang di Rekomendasi

Pengertian Printing Sublim

Sublim merupakan sebuah proses printing yang bisa dilakukan dengan cara membuat suatu desain gambar pada mesin komputer, kemudian tinggal di cetak saja menggunakan mesin printer yang bertinta sublim. Beberapa keunggulan-keunggulan inilah yang menjadi sebuah alasannya mengapa print sublimasi banyak dipilih untuk mempercantik pada tampilan kain, diantaranya:

  • Tak ada batasan warna maupun desain dalam metode sublimasi.
  • Hasil cetak sublimasi sangat detail, kontras, cerah, halus serta tidak retak.
  • Proses pengerjaan sublim printing relatif cepat serta menghemat waktu.
  • Gambar yang dibuat menggunakan sublimasi umumnya bersifat permanen dan tentunya tidak mudah luntur, sebab tinta sublim mampu menyerap kedalam serat kain.

Dibalik sejumlah keunggulan-keunggulan yang dimiliki printing sublimasi, harus diketahui juga bahwa metode print sublim tersebut sebenarnya tidak bisa diaplikasikan di semua jenis kain. Hanya kain yang terbuat dari bahan dasar serat polyester saja (baik itu seluruh atau sebagian) yang bisa dijadikan sebagai media print sublim. Kain yang berbahan dasar polyester sangat cocok untuk disublim, sebab kain berbahan dasar polyester lebih fleksibel serta hasilnya lebih natural. Semakin banyak unsur bahan polyester pada bahan kain, semakin bagus pula kualitas dari sublimnya.

Jenis Bahan Kain Sublimasi  Yang Cocok Untuk Disublim

Untuk pilihan jenis bahan yang cocok disublim, berikut dibawah ini beberapa contoh dari bahan-bahan kain yang bisa di print menggunakan teknik sublimasi tersebut.

1. Bahan Kaos

Ada beberapa jenis-jenis bahan kain yang cocok untuk di sublim. Bahan-bahan kain yang dimaksud tersebut diantaranya adalah kain serena, kain dry fit, kain hyget, kain lacoste PE, kain kaos PE, kain paragon dan juga kain spandek.

2. Kain Taslan

kain taslan

kain taslan

Jenis kain Taslan yang satu ini terkenal sebagai kain super eksklusif dikarenakan konstruksi bahannya yang cukup licin serta memiliki kerapatan serat bahan yang tinggi, lembut, ringan tetapi sangat kuat dan memiliki daya tahan yang cukup tinggi, kain taslan cocok dijadikan sebagai media bahan print sublimasi.

3. Kain Parasut

Jenis kain yang satu ini masuk golongan jenis kain multifungsi, kain parasut bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan. Kain parasut tidak hanya digunakan untuk pembuatan jaket dan jas hujan saja, akan tetapi kain parasut ini juga bisa digunakan untuk keperluan outdoor.

4. BSY

Mempunyai tenunan seperti kain katun, kain BSY ini terbuat dari bahan dasar 100% polyester yang mana kain jenis ini bisa juga dijadikan sebagai media bahan printing sublim. Hasil printing sublim yang menggunakan bahan kain BSY tampak lebih jelas dan juga warnanya lebih cerah. Untuk estimasi penyusutan dari kain BSY sendiri cenderung sangat kecil, biasanya hanya sebesar 0,5% atau sampai 1-2% saja.

5. Kain Scuba

Kain scuba merupakan jenis kain yang memiliki serat sangat lembut serta bersifat sangat lentur, sebab jenis kain yang satu ini dibuat dari benang filamen yang super halus dan juga dirajut secara padat dengan mesin rajut datar.

6. Kain Twill PE

Selanjutnya ada kain twill PE, kain ini merupakan salah satu jenis kain twill yang dibuat dari serat polyester. Kain ini memiliki tingkat ketebalan yang sedang serta berpori besar, kain jenis ini sangat cocok sekali untuk digunakan sebagai bahan untuk kemeja, celana dan juga topi.

7. Kain Canvas

Untuk jenis kain berikutnya adalah kain canvas, kain kanvas khususnya yang dibuat dari bahan campuran polyester bisa dijadikan sebagai media bahan printing sublim. Untuk jenis kanvas beragam jenisnya seperti kain kanvas PE Signifo khusus untuk membuat hampers atau tas bekal, kain Blacu kanvas terpal untuk bahan pembuatan tas, kanvas gambar dan kerajinan lainnya yang membutuhkan ketebalan yang lebih. Sebenarnya masih ada banyak lagi jenis-jenis kain kanvas tersebut seperti kain kanvas infinity, kanvas PE marsoto 12 oz, kanvas PE marsoto 10 oz, kanvas PE doubling 12 0z, kanvas PE-01, kanvas PE-03, kanvas PE-05, kanvas SR-10 dan kanvas waterproof.

8. Kain Blacu PE

Selain kain kanvas, ada juga bahan lainnya seperti kain Blacu PE (kain non finished). Kain jenis ini terbuat dari serat polyester, kain ini umumnya banyak digunakan dalam pembuatan tas sederhana dengan print motif (sublimasi) karena harganya yang super ekonomis.

Selain jenis-jenis bahan kain yang disebutkan diatas ini, sebenarnya masih banyak lagi jenis bahan kain lainnya seperti kain satin, kain voal, kain chiffon, kain velvet, kain diamond crepe dan kain organza yang bisa dicetak menggunakan metode sublim sesuai kebutuhan.

Pada dasarnya, sublime printing mengacu pada seni mencetak secara digital di atas kain dengan menggunakan teknologi printer inkjet; karenanya, nama pencetakan luhur yang secara harfiah berarti “pencetakan sempurna” Pencetakan luhur telah sangat trendi dalam beberapa tahun terakhir karena menawarkan banyak keunggulan dibandingkan metode sablon tradisional seperti kecepatan cepat, biaya rendah, ramah lingkungan, cetakan berkualitas tinggi dan penyesuaian yang mudah, tetapi hal utama bagi saya ketika itu datang untuk proses pencetakan luhur, adalah bahwa ia menggunakan printer digital daripada sablon tradisional, jadi saya cukup yakin bahwa pencetakan luhur adalah trendsetter yang harus dicoba oleh semua orang.

Demikian saja pembahasan singkat perihal beberapa jenis-jenis bahan kain yang bisa anda pilih untuk digunakan pada media printing sublim. Semoga informasinya bermanfaat dan memberi kemudahan bagi anda untuk memilih jenis bahan kain yang tepat serta sesuai kebutuhan.